Kamis, 08 November 2012

Memasak dan Polusi

Mencium aroma masakan saat kita melintas di sebuah restoran merupakan sesuatu yang biasa terjadi. Tapi, tahukah anda bahwa aroma yang anda cium itu bisa jadi merupakan sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan?
Sebuah penelitian tentang lingkungan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa gas dan partikel partikel kecil yang dilepaskan ke udara saat memasak merupakan bahan bahan yang juga berpotensi menimbulkan polusi udara. Saat aroma masakan membangkitkan selera makan kita, asap dapur dari restoran tersebut justru merusak udara yang kita pakai bernafas.
Polusi terbesar dihasilkan saat kita memasak makanan yang tinggi kadar lemaknya dengan pemangangan. Disebutkan bahwa setiap 450 Kg hamburger, dihasilkan emisi sebanyak 11 Kg. Setiap 450 Kg Pizza, emisi yang dihasilkan adalah 1 Kg dan setiap 450 Kg daging ayam yang dipanggang dengan minyak akan menghasilkan 20 Kg gas emisi.
Penemuan ini tentu sangat penting guna menemukan metode yang pas untuk mengendalikan polusi yang diakibatkan oleh proses memasak makanan.
Perlu diingat juga bahwa asap yang dihasilkan dari proses pembakaran ini tidak hanya merusak udara tetapi juga dapat menyebabkan kanker atau yang lebih dikenal dengan nama zat karsinogenik.
Jadi, saat anda menyantap makanan diatas, coba pikirkan juga dampaknya terhadap lingkungan saat proses memasaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar